Tanda racun TOMCAT & SOLUSINYA

Tanda-Tanda Seseorang Terserang Tomcat

MEREBAKNYA serangan tomcat disebabkan hilangnya habitat hewan tersebut akibat pengaruh cuaca dan lingkungan yang tidak bersih. Adapun gejalanya memiliki perbedaan dibandingkan serangan serangga lain.


Gejala terserang tomcat adalah gatal-gatal, terasa panas, dan langsung memerah jika digaruk. Hasilnya membuat kulit mengalami iritasi dan melepuh seperti terkena penyakit herpes.



“Patut dicurigai terserang tomcat jika terasa digigit serangga, gatal, lalu digaruk terasa panas dan memerah. Kalau serangga biasa, digigit berasa gatal, gatalnya segera hilang. Kalau ini justru panas dan memerah,” jelas Ir Alexandre S Siahaya MT, Kepala Bidang Pertanian dan Kehutanan Dinas pertanian Kota Surabayan saat dihubungi okezone melalui telepon selulernya, Selasa (20/1/2012).

Alex memastikan, bahwa serangan tomcat ini tak menyebabkan kematian. “Tidak akan menyebabkan kematian. Biasanya dua hingga tiga hari jika diobati akan sembuh,” tegasnya.

Aslinya, tomcat hidup di lahan pertanian seperti ladang padi dan jagung. Keseimbangan alam yang disebut-sebut cuaca ekstrem membuat serangga ini kehilangan habitatnya.

Oleh karenanya, serangga yang memiliki siklus hidup selama 91 hingga 103 hari ini mencari tempat baru untuk bertahan hidup. Tomcat mencari tempat-tempat yang lembap dan terang menyerupai habitat aslinya.


Solusi Terbaik Saat Terkena Racun Tomcat

KETIKA Anda mengalami gejala-gejala terserang racun tomcat, segeralah cuci dengan air dan beri sabun. Jika masih terasa gatal, gunakan salep Acyclovir lima persen yang bisa dibeli di apotik.

Masyarakat diminta tak panik akan keberadaan tomcat yang kini sedang marak melanda Surabaya. Pasalnya, serangan serangga yang disebut pula Kumbang Rove atau Paederus Littoralis ini dapat dicegah dan ditangani.

Hal tersebut disampaikan oleh Ir Alexandre S Siahaya MT selaku Kepala Bidang Pertanian dan Kehutanan Dinas Pertanian Kota Surabaya.

“Jika terkena serangan tomcat, segera cuci dengan air dan beri sabun. Sabun mandi biasa saja cukup. Itu untuk mematikan racunnya. Jika masih tak mempan, masih gatal, segera ke apotik, gunakan salep Acyclovir lima persen,” jelasnya saat dihubungi okezone melalui telepon selulernya, Selasa (20/3/2012).

Lebih lanjut, Alex pun menyarankan masyarakat untuk membersihkan pekarangan rumahnya yang memiliki rumput-rumput tebal tak terawat.

“Serangga ini mencari rumput tebal, di tempat seperti kebun, halaman rumah, atau pekarangan yang lembap. Karenanya, untuk menghindarinya bersihkan pekarangan,” tutur Alex.

Alex pun meminta masyarakat agar tidak menjemur pakaian di malam hari, karena tomcat senang bersarang di pakaian lembap yang disinari cahaya terang dari lampu.

“Juga hindari menjemur baju di malam hari mereka suka tempat lembap dan terang. Kalau malam hari warga menjemur pakaian biasanya di atas jemurannya dipasangkan lampu terang. Nah, tomcat suka berada di sana karena pakaian yang dijemur lembap dan ada cahaya terang. Bahaya jika mereka mengeluarkan toksin di pakaian atau handuk yang dijemur, itu dapat membuat manusia terkena racun,” tutupnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s