Anda kancanduan facebook? cek di sini

Facebook bikin orang kecanduan. Riset membuktikan, begitu banyak pengguna yang buru-buru ingin login ke Facebook begitu mulai menyalakan komputer.

Perilaku ini disimpulkan sebagai gejala ketergantungan (adiksi). Imbasnya, bisa bikin sang pengguna menderita dan tak bahagia dengan kehidupan nyatanya.

Penelitian yang dilakukan Universitas Gothenburg ini mengambil polling 1000 orang yang berusia 18 tahun hingga 73 tahun di Swedia.

Hasilnya, 85% dari pengguna mengaku mengakses Facebook tiap hari, dan separuhnya mengaku langsung start Facebook-an begitu mereka membuka web browsernya.

Setengah dari responden mengaku khawatir mereka ‘tak jadi bagian penting’ di Facebook jika mereka tidak login, dan 25% merasa resah jika tidak login secara reguler.

Seperti dikutip dari Daily Mail, Senin (9/4/2012), pengguna Facebook lebih banyak dari kaum wanita. Dilaporkan, pengguna aktif jejaring sosial itu juga lebih banyak datang dari kalangan berpendidikan rendah serta berpenghasilan kecil.

Di sisi lain, masih dari hasil riset itu, Facebook tak sepenuhnya dinilai negatif karena bisa jadi ajang untuk pencitraan positif dan menjalin relasi bersama teman dan keluarga.

“Pengguna tak menulis tentang segalanya di Facebook. Mayoritas konten yang di-sharing masih berkaitan dengan event besar, event positif, dan ketika sedang merasa baik-baik saja. Cuma 38% yang menuliskan emosi negatifnya,” kata Leif Denti, salah satu peneliti.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s