Kopassus (Komando Pasukan Khusus)

Kopasus yang dibentuk pada tahun 1952 adalah kependekan dari Komando Pasukan Khusus. Kopassus sendiri adalah bagian dari TNI AD, dimana anggotanya memiliki kemampuan khusus dan dilatih serta dipilih secara khusus juga. Mereka adalah orang – orang yang harus siap bertempur dalam medan apapun juga, harus bisa menembak secara jitu, melakukan pengintaian dan mengatasi terorisme.

Kopassus sudah terbukti kemampuannya dalam mengatasi tugas – tugas berat yang sifatnya menjadi rahasia negara. Beberapa contoh operasi Kopassus yang pernah dilakukan namun tidak diketahui publik adalah: Penyusupan ke pengungsi Vietnam di pulau Galang yang dikoordinasikan dengan pihak Amerika Serikat (CIA), penyusupan perbatasan Malaysia dan Australia , dan operasi patroli jarak jauh (long range recce) di perbatasan Papua Nugini.

Image

Para prajurit Kopassus populer dengan tanda baret merah yang menjadi ciri khas. Kopassus juga merupakan ujung tombak kampanye pemerintah militer. Salah satu tugas yang berhasil mengangkat nama Kopasus yaitu aksi yang mereka lakukan pada tahun 1981

. Dimana sebuah kelompok ekstremis Islam membajak Pesawat Garuda 206. Segera setelah pesawat mendarat, Kopassus melaksanakan operasi cepat yang menewaskan tiga pembajak dan membebaskan 50 penumpang.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s