Takbiran Tahun Ini Tak Seramai Tahun Lalu

Perayaan malam takbiran menyambut Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1433 Hijriah tahun ini dianggap kurang semarak dibanding tahun lalu. Hal tersebut diungkapkan beberapa pengunjung dan pedagang di kawasan Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat.Image

“Iya, kurang ramai. Tahun lalu, saya ke sini jam segini saja udah padat, kalau ini kan kelihatan masih ada tempat kosong,” ujar Tantri (42), warga Tanah Abang, Jakarta Pusat, Sabtu (18/8/2012) malam.

Namun, ibu rumah tangga yang datang bersama dua anak dan suaminya tersebut bersyukur atas perubahan situasi tersebut, karena konvoi kendaraan jauh berkurang. Menurutnya, konvoi kendaraan dengan iring-iringan bedug di jalan-jalan yang kerap dilakukan warga ibukota dalam menyambut malam takbiran, dianggap mengganggu ketertiban umum.

“Padahal kan lebih baik di masjid-masjid saja. Nggak usah berlebihan begitu, malah kalau ada anak-anak yang naik-naik mobil suka jatuh, bahaya,” lanjutnya.

Hal senada juga diungkapkan Sarwidi (52) seorang pedagang siomay di dalam kawasan Monas. Jumlah pengunjung yang menurun dibanding tahun lalu, dapat dilihat dari penjualan siomaynya. Meski waktu telah menunjukan pukul 23.00 WIB, barang dagangannya masih tersisa banyak.

“Lihat aja sendiri dagangan saya masih banyak. Beda banget sama tahun lalu, jam 22.00 WIB saja sudah habis,” ujarnya.

Menurutnya, penurunan jumlah pengunjung pada malam takbiran tahun ini, disebabkan banyak warga Ibukota yang telah kembali ke kampung halamannya. Meski sedikit khawatir dagangannya merugi, ia yakin dapat menjual seluruh siomaynya hingga pukul 01.00 WIB.

Pantauan di Monas, warga yang memadai area tersebut sejak pukul 20.00 WIB mulai berkurang. Satu per satu, kendaraan roda dua dan roda empat para pengunjung keluar melewati gerbang dengan tertib. Sementara di Jl. Merdeka Selatan, kondisi lalu lintas juga tampak lengang.

kompas.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s