MU Awali Musim dengan Kekalahan

Manchester United menandai awal musim 2012/2013 dengan hasil negatif. Bertandang ke markas Everton, The Red Devils menelan kekalahan dengan skor tipis 0-1.

Di Goodison Park, Selasa (21/8/2012) dinihari WIB, MU langsung memasang pemain barunya, Shinji Kagawa, sebagai starter. Pemain asal Jepang itu tampil sebagai gelandang serang di belakang Wayne Rooney.

MU memang lebih mendominasi permainan. Statistik Soccernet mencatat mereka unggul penguasaan bola hingga 69 persen. 

Meski demikian, serangan Everton terbukti lebih efektif. Terbukti mereka bisa melepaskan 18 tembakan dengan tujuh di antaranya tepat sasaran. Sementara MU cuma 14 tembakan dan empat yang mengarah ke gawang.

Satu-satunya gol pada laga ini tercipta pada babak kedua. Marouane Fellaini jadi pahlawan The Toffeeslewat gol semata wayangnya.

Hasil ini menempatkan MU di posisi ke-15 klasemen sementara Premier League dengan poin nol. Everton di urutan keenam dengan tiga poin.

Jalannya pertandingan

MU mendapatkan peluang pertamanya lewat Paul Scholes pada menit kesembilan. Namun, tendangan Scholes dari luar kotak penalti masih terlalu pelan dan mudah diamankan oleh kiper Tim Howard.

Fellaini sempat membahayakan gawang MU lima menit kemudian. Setelah melakukan penetrasi dari sisi kiri, dia melepaskan sontekan dari jarak dekat, tapi cuma kena tiang gawang.

Nani menjajal peruntungannya pada menit ke-23 melalui tembakan dari luar kotak penalti. Belum menghasilkan gol karena arah bola masih melenceng.

David de Gea melakukan penyelamatan gemilang beberapa saat kemudian. Dia menepis sundulan terarah dari Steven Pienaar.

Howard juga unjuk kebolehan di kesempatan berikutnya. Sambil menjatuhkan diri, eks kiper MU itu menghalau tendangan bebas Wayne Rooney.

Pienaar lagi-lagi menebar ancaman buat tim tamu. Tendangannya dari depan kotak penalti ditepis oleh De Gea dengan susah payah.

Danny Welbeck nyaris bikin gol pada menit ke-38. Memanfaatkan umpan terobosan Shinji Kagawa, dia yang dikepung bek lawan masih bisa melepaskan tembakan, tapi arahnya masih melebar.

Memasuki menit ke-41, De Gea kembali unjuk gigi. Dia menunjukkan refleks yang sangat baik untuk menghalau tendangan voli Leon Osman.

Empat menit kemudian, hal serupa terjadi lagi. Kali ini, De Gea terbang untuk menepis tendangan bebas Leighton Baines yang mengarah ke pojok gawang.

Babak pertama berakhir. Skor masih imbang 0-0.

Tiga menit selepas restart, Osman hampir saja menjebol gawang MU kalau tendangannya tak digagalkan mistar.

Tim tuan rumah akhirnya bisa memecahkan kebuntuan pada menit ke-57. Sundulan Fellaini menyambut sepak pojok Gibson bersarang di pojok gawang MU.

Tom Cleverley punya peluang untuk membawa MU menyamakan kedudukan sepuluh menit kemudian. Namun, tendangan jarak dekatnya bisa dihalau Phil Jagielka yang berdiri di garis gawang.

Di sisa waktu, MU yang mendominasi permainan terus menggempur pertahanan tim tuan rumah. Robin van Persie pun dimasukkan agar serangan lebih menggigit. Tapi, mereka tetap tak mampu mencetak gol penyama.

Susunan pemain
Everton: Howard; Hibbert, Baines, Distin, Jagielka; Neville, Osman (Coleman 81′), Fellaini (Heitinga 90 +2′), Pienaar, Gibson; Jelavic (Naismith 90′)

Manchester United: De Gea; Valencia, Carrick, Vidic, Evra; Cleverley (Anderson 85′), Kagawa, Scholes; Nani (Young 78′), Welbeck (van Persie 68′), Rooney

http://sport.detik.com/sepakbola/read/2012/08/21/024701/1995477/72/mu-awali-musim-dengan-kekalahan?9911012

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s