Pendidikan

sistem pendidikan di indonesia memang aneh. begitu banyak mata pelajaran yang harus kita kuasai hanya untuk dapat mengenyam pendidikan 12 tahun. dari sd sampai sma pelajaran yang harus dipelajari semakin banyak. apa pemerintah gak mikir kalau kemampuan manusia dalam menghafal itu terbatas.

dan mungkin yang paling gue gak ngerti ya. kenapa banyak anak IPA di SMA pas di kuliah milih akuntansi atau manajemen, gila gak tuh? buat apa coba 2 tahun belajar Fisika, Kimia, Biologi kalau akhirnya ngambil manajemen. yang jadi pertanyaan nanti anak IPS ngambil jurusan apa?

tanya sama mentri pendidikan

mungkin jika saya ketemu dengan pak mentri dialognya akan seperti ini:

“maaf pak mentri saya dhimas (bukan nama samaran), mungkin bapak tidak kenal saya
karena saya juga tudak kenal bapak, mungkin bapak kenal sama mang dadang kalo nggak kenal saya juga
nggak kenal, ngomong-ngomong boleh saya bertanya sebentar?”

“Oh boleh tapi sebentar saja ya, soalnya saya banyak kerjaan, mulai dari ngepel, nyapu sampai cuci mobil”
“gini pak kenapa kok pelajaran yang ada di sekolah itu banyak banget, apa bapak nggak mikir kalo itu membebani
pelajar?”
“jadi begini mungkin memang benar, tapi kan anggaran pendidikan saat ini sudah cukup untuk membiayai berbagai macam kebutuhan
seperti fasilitas untuk menunjang proses belajar mengajar di sekolah dan siswa akan tertarik dengan pelajarannya bukan dengan gurunya”

“ehm iya , memang pak saya sering kehilangan kosentrasi bila guru yang mengajar itu sangat cantik dan agak nakal, tapi apakah bapak akan mencanangkan
 untuk menambah guru-guru seksi untu mengajar di berbagai jenjang pendidikan?”

“mungkin saja tidak hanya guru cantik dan seksi tapi juga properti pendukung seperti seragam guru akan di
ubah lebih menarik”

“wah pasti akan menarik sekali ya pak. terima kasih atas waktunya”

ya mungkin sekitar hal seperti itu yang akan saya sarankan untuk mentri pendidikan jika saya punya kesempatan.
tapi benar terlalu banyak pelajaran, terlalu banyak tes yang membuat para pelajar mengalami kesulitan
dalam mengusainya. contohnya saja para siswa harus melakukan SKS

””to be continued

Leave a Reply

